Analisis Persepsi Sosial Pada Visual Logo

Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. 

Yang terpenting dari sebuah logo adalah bentuknya simpel, muddah dikenali oleh konsumen dan dapat digunakan diberbagai media. Secara visual, logo harus mampu menjembatani kesan apa yang ingin dipresentasikan brand kepada konsumen. Selain itu logo bertujuan memberi sebuah bisnis keunikan yang bisa membedakan diri merekan dari bisnis lain. Poin ini sangat penting kalau bisnis tersebut memiliki persaingan yang cukup ketat. Seperti pada logo dibawah ini :

ANAICHAKA PETSHOP merupakan sebuah tempat penyedia klinik dokter hewan, penitipan/daycare dan penginapan (hotel) hewan. selain itu tempat ini juga menjual makanan, kandang, kalung Tali, kalung penanda, hingga obat-obatan untuk hewan. Berawal dari 4 pemudi Start-up Spesialist yang terdiri dari Anezka, Naila, Caca dan Khansa yang tergabung dalam komunitas pecinta binatang: Lov_luv group pada akhir tahun 2022 yang memutuskan untuk membangun usaha bersama. Dengan maksud utama ingin menjual perlengkapan untuk binatang peliharaan rumah seperti: Kucing, Reptil, KelinciAnaichaka Petshop ditargetkan pada wanita, pria, keluarga, mereka yang memelihara hewan dirumah, suka dan penyayang hewan serta peduli lingkungan sehat terutama di wilayah perkotaan. Dipiihnya target tersebut diperlukan dengan tujuan utama target pasar penjualan produk mereka.

Ketika melihat logo tersebut muncul persepsi sebuah jejak kaki dan bangunan dengan logo khas kesehatan, dengan motif garis acak yang sebagai dasar pattern menciptaan kesan keceriaan pada logo tersebut. Ini menggambarkan bahwa anaichaka petshop merupakan sebuah tempat bernaung sementara yang nyaman untuk para anabul dan sesuai dengan tagline mereka yaitu, Menyayangi hewan peliharaan untuk membuat senang seluruh keluarga.

Penggunaan warna dominan biru menyampaikan prinsip anaichaka yang menjunjung tinggi kepercayaan dan profesionalisme mereka. selain itu penggunaan typografi segoe print menciptakan kesan sederhana namun tetap tegas.

Selain sebagai wajah perusahaan sebuah logo merupakan sebuah alat tempur branding. Dengan logo yang tepat organisasi mau pun instansi dapat memberikan persepsi positif untuk mereka, sehingga meningkatkan kepercayaan dan membangun kesadaran terhadap brand itu sendiri. Tak jarang para desainer memilih untuk merepresentasikan sebuah nilai moral maupun budaya yang melekat pada client.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"THE STARRY NIGHT" Karya Vincent Van Gogh

KEGAGALAN PERSEPSI PADA IKLAN “MARJAN” TAHUN 2023